Rabu, 23 April 2014

PKP TH 2013

LAPORAN PKP – PGSD
PDGK 4501https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=6260305677748392228#editor/target=post;postID=8796618892266924096;onPublishedMenu=allposts;onClosedMenu=allposts;postNum=0;src=postname

PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DENGAN MEDIA GAMBAR BANGUN DATAR TENTANG
MENGHITUNG LUAS SEGI BANYAK PADA KELAS VI 
 SDN KARANGSARI 02 

Diajukan untuk memenuhi salah satusyarat Mata Kuliah
Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP )






                                  Nama                        : BUDIYANA
                                  NIM                          : 818073268
                                  Program Studi          : S1 PGSD
                                  Pokjar                       : Kab. Bekasi
                                  Masa Registrasi        : 2013.1



UNIVERSITAS TERBUKA
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH JAKARTA
POKJAR KABUPATEN BEKASI
TAHUN 2013

LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nama Mahasiswa                        : BUDIYANA
NIM                                             : 818073268
Program Studi                              : SI PGSD
Tempat Mengajar                        : SDN KARANGSARI  02
Jumlah Siklus Pembelajaran        : 2 Siklus
Hari dan Tanggal Pelaksanaan    : PraSiklus, Hari Jumat tangal  21 September  2012
                                                       Siklus 1, Hari Rabu, tanggal 26 September  2012
                                                       Siklus 2, Hari Rabu, tanggal 3 Oktober  2012

Masalah  yang  merupakan  Fokus  Perbaikan:
  1. Meningkatkan  hasil  siswa dalam  pembelajaran  Matematika  Kelas VI  SDN Karangsari 02 dengan menggunakan  media gambar bangun datar.
2.      Meningkatkan  aktivitas  siswa dalam proses  pembelajaran Matematika Kelas VI  SDN Karangsari 02  dengan menggunakan media gambar bangun datar.


                                                                                       Bekasi,  April  2013  
            Menyetujui,
            Supervisor 1,                                                           Mahasiswa,


 
          FAHRUROJI, H. Drs. M.Pd. Dr                           BUDIYANA
          NIDN. 0407025601                                                  NIM. 818073268





BIODATA MAHASISWA

IMG_8233.JPG                                                                                     



                                                                                                                                          


                                                                                                      
UPBJJ                                           :  JAKARTA                                   
Masa Registrasi                            :  2013.1
Pokjar                                           :  Kabupaten Bekasi
Nama Mahasiswa                         :  Budiyana
NIM                                              :  818073268
Program Studi                              :  PGSD - S I
Tempat Mengajar                         :  SDN Karangsari 02
Supervisor / Pembimbing             :  Fahruroji, Drs. M.Pd. Dr             

Jadwal Bimbingan / Tutorial        :  1.  Minggu, 9 September 2012
                                                         2.  Minggu, 16 September 2012
                                                         3.  Minggu, 23 September 2012
                                                         4.  Minggu, 30 September 2012
                                                         5.  Minggu, 7 April 2013
                                                         6.  Minggu, 14 April 2013
                                                         7.  Minggu, 21 April 2013
                                                   





LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT

                    Saya     menatakan    dengan    sesungguhnya     bahwa   laporan   praktik
Pemantapan Kemampuan  Profesional  ( PKP ) yang saya susun sebagai syarat  untuk
memenuhi mata kuliah PKP pada Program Studi S1 PGSD Universitas Terbuka  (UT)
seluruhnya  merupakan  hasil karya sendiri.
                    Adapun   bagian - bagian  tertentu  dalam  penulisan  laporan  PKP   yang
saya  kutip  dari  hasil  karya orang lain telah dituliskan dalam sumbernya secara jelas
sesuai dengan norma,kaidah,dan etika penulisan karya ilmiah.
                    Apabila  dikemudian  hari   ditemukan   seluruh   atau  sebagian   laporan
PKP     ini   bukan   hasil  karya   sendiri   atau   adanya     plagisasi     dalam   bagian-
bagian  tertentu,saya bersedia menerima  sanksi,termasuk  pencabutan gelar akademik
yang saya sandang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.



                                                                               Bekasi,  April   2013
                                                                                      Yang  membuat  pernyataan,



                                                                                      BUDIYANA
                                                                                      NIM. 818073268
         







KATA PENGANTAR
É ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOŠÏm§9$#


               Alhamdulillah,Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa  memberikan  rahmat  dan hidayahya  kepada  kita  semua  atas ridho  serta
kebesaran-Nyalah penulis dapat menyelesaikan Laporan Pemantapan  Kemampuan
Propfesional ( PKP )  tepat  pada  waktunya.
              Solawat dan Salam semoga  tercurahkan  kepada junjungan  kita Nabi besar
Muhamm  SAW, pada  Keluarga, para  Sahabat ,dan   Umatnya   yang  senantiasa taat dan  patuh  padanya.
            Adapun maksud dari Laporan Kegiatan ini adalah  diajukan untuk memenuhi
tugas mata  kuliah  Pemantapan  Kemampuan  Profesional  (PKP/PDGK 4501 )  pada program   studi  S I  PGSD  Universitas  Terbuka  UPBJJ  Jakarta  Pokjar  Kabupaten Bekasi.  Adapun   judul  yang   diambil   penulis   adalah  “ Peningkatan  kemampuan  hasil     belajar    matematika    dengan    media     gambar     bangun    datar    tentang  menghitung   luas  segi   banyak   pada   kelas   VI   SDN  Karangsari  02  Kecamatan  Cikarang  Timur”.
             Laporan   ini   dapat  terselesaikan   berkat   bantuan,  bimbingan,  pemberian motivasi    dari    semua   pihak.   Oleh  karena   itu   pada    kesempatan   ini   peneliti mengucapkan  terima kasih dan  penghargaan setinggi – tingginya  kepada :
  1. Dina Thaib, Dra. M.Ed    selaku  kepala   UPBJJ-UT   Bandung   yang    telah menghantarkan   penulis ke semester  sepuluh.
  2. Bapak Adi Winata selaku kepala UPBJJ-UT Jakarta.
  3. Drs. Djuhara, M.Pd. selaku  pengelola  Kelompok  Belajar  Jarak  Jauh  Pokjar Kabupaten  Bekasi.
  4. FAHRUROJI, H. Drs. M.Pd. Dr.  Selaku  supervisor  1 yang  telah   membim-bing dalam pembuatan  laporan  PKP.
  5. Bapak  Didin  Saepudin,S.Pd. Selaku  supervisor  2   yang  telah   memberikan saran  dan   arahan  kepada  penulis  dalam  pelaksanaan  penyusunan  laporan perbaikan  pembelajaran  matakuliah PKP.
  6. Bapak   Muhir  S.Pd,   selaku    Kepala   SDN    Karangsari    02     Kecamatan Cikarang  Timur  Kabupaten  Bekasi.
  7. Bapak Warnalih, S.Pd. selaku  teman  sejawat  yang  telah  banyak  membantu penulis.
  8. Orang  Tua  yang  telah  memberikan do’anya  kepada  penulis.
  9. Rekan-rekan mahasiswa UT yang telah memberikan  support  kepada  penulis.
               Hanya kepada  Allah  jua-lah segalanya dikembalikan, teriring do’a, semoga bantuan  dari  berbagai   pihak   dimaksud   dijadikan   amal  shaleh   yang   mendapat pahala  berlipat  ganda di sisinya.Amiin.
             “Tiada gading yang tak retak”.Demikian kata  pepatah.Oleh karena itu, tegur sapa  yang  bersifat membangun,amat  dinantikan,dan akhirnya  kepada Allah  jua-lah segala   kelemahan   dan    kekurangan     dalam   laporan    Pemantapan  Kemampuan Profesional  (PKP) ini dikembalikan. “Semoga Allah SWT,senantiasa membuka pintu magfirah-Nya, dan mudah-mudahan laporan ini ada manfaatnya. Amiin.


                                                                                           Bekasi,   April  2013
                                                                                           Penulis











DAFTAR ISI
                                                                                                       
Halaman  Judul
Lembar Pengesahan  ……………………………………………………….      i
Biodata Mahasiswa ………………………………………..........................     ii
Lembar  Pernyataan Bebas Plagiat  ………………………………………..    iii
Kata Pengantar  .............................................................................................    iv
Daftar  Isi  ………………………………………………………………….    vi
Daftar Tabel  ……………………………………………………………….   vii
Daftar Gambar  …………………………………………………………….. viii
Daftar Lampiran  …………………………………………………………...   ix
BAB I      Pendahuluan
A.       Latar Belakang Masalah   ………………………………….      1
B.        Rumusan Masalah ………………………………………….     4
C.        Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran  ……………….     4
D.       Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran   ……………...    4
BAB II     Kajian Pustaka
                 A.    Pembelajaran  Matematika di Sekolah Dasar  ……………..    6
                 B.    Media Gambar  …………………………………………….    6
                 C.    Hasil Belajar  ……………………………………...……….  10
BAB III   Pelaksanaan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
           A.   Subyek, Tempat dan Waktu  Penelitian ……………………   11
                 B.   Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran ………………….   12
                 C.   Teknik Analisis  Data  ……………………………………...   14
BAB IV    Hasil dan  Pembahasan
           A.   Deskripsi Hasil Penelitian dan Perbaikan Pembelajaran .......  15
           B.   Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan  Pembelajaran  .......  40
BAB V     Simpulan dan  Saran  Tindak Lanjut
           A.   Simpulan  …………………………………………………..   46
           B.   Saran  Tindak Lanjut  ………………………………………   46
Daftar  Pustaka  …………………………………………………………..   48
Lampiran - Lampiran
DAFTAR TABEL
  
Tabel 3.1         Jadwal  Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran ………….. …..      11
Tabel 4.1         Hasil Tes  Formatif   Pra  Siklus  ………………………….....      16
Tabel 4.2         Lembar  Observasi Pra Siklus   ................................................      17
Tabel 4.3         Hasil Observasi Aktivitas Siswa Mata  Pelajaran  Matematika
                        PraSiklus    ...............................................................................      19
Tabel 4.4         Hasil Observasi Aktivitas Peneliti Mata Pelajaran Matematika
                        Siklus1   ……………………………………………………....      24
Tabel 4.5         Hasil Observasi Aktivitas Siswa  Mata  Pelajaran Matematika
                        Siklus 1  ……………………………………………………....      26
Tabel 4.6         Hasil  Penilaian  Tes  Formatif   Mata  Pelajaran  Matematika
                        Siklus 1 ……………………………………………………....       28
Tabel 4.7         Hasil Observasi Aktivitas Peneliti Mata Pelajaran Matematika
                        Siklus 2   ……………………………………………………...      33
Tabel 4.8         Hasil  Observasi Aktivitas Siswa Mata  Pelajaran Matematika
                         Siklus 2 ……………………………………………………....      35
Tabel 4.9         Hasil   Penilaian  Tes  Formatif  Mata  Pelajaran  Matematika
                        Siklus 2   ……………………………………………………...      37
Tabel 4.10       Hasil Tes Formatif Kegiatan Perbaikan  Siklus 1  …………...      41
Tabel 4.11       Hasil Tes Formatif Kegiatan Perbaikan Siklus  2 …………....      43











 DAFTAR GAMBAR

Gambar 3.1       Prosedur  Pelaksanaan  Perbaikan  PTK ……………………    12
Gambar 4.1       Tahap Perencanaan …………………………………………    21
Gambar 4.2       Grafik Hasil Penilaian Siklus 1  ……………………………    30
Gambar 4.3       Grafik Hasil Penilaian Siklus 2 …………………………….    39
Gambar 4.4       Grafik Frekuensi Nilai Pembelajaran Matematika Siklus1....    42
Gambar 4.5       Grafik Frekuensi Nilai Pembelajaran Matematika Siklus2 …   44
Gambar 4.6       Grafik   Rekapitulasi  Nilai  Rata - Rata   Matematika  Siklus
                          1  dan  2 ……………………………………………….........    45






















DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1     Kesediaan   Sebagai   Supervisor  2  Dalam   Penyelenggaraan
                        PKP  …………………………………………...........................     49
Lampiran 2     Surat  Pernyataan  Kesediaan Sebagai  Supervisor 2…………..     50
Lampiran 3     Perencanaan Penelitian Tindakan  Kelas  ...................................    51
Lampiran 4     Berkas RPP Prasiklus,  RPP  Perbaikan siklus 1,
                        RPP Perbaikan siklus 2, dan lembar observasi ………………...   53    
Lampiran 5     Jurnal   Pembimbingan  ………………………………………...   84
Lampiran 6     Hasil pekerjaan siswa  yang  terbaik dan  terburuk per siklus…..  86
Lampiran 7     Copy  Berkas hasil  penilaian  praktik  pembelajaran   di kelas
                        ( APKG1 - PKP dan  APKG2 – PKP )…………………………   92
Lampiran 8     Jadwal Praktik Perbaikan Pembelajaran  PKP ………………… 107
Lampiran 9     Daftar Hadir Praktik Perbaikan  Pembelajaran PKP  Siklus I...... 108
Lampiran 11   Daftar Hadir Praktik Perbaikan  Pembelajaran PKP  Siklus II..... 109
Lampiran 12   Foto Copy  Kartu  Mahasiswa  ………………………………… 110 




BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
                 Pendidikan  berfungsi  untuk  mempersiapkan  manusia  menghadapi  masa
depan  agar  hidup lebih  sejahtera, baik  secara  individu  maupun  secara  kolektif.
                 Dalam Undang-Undang  No. 2  tahun 1989  tentang   Pendidikan  Nasional
( UUSPN )    pasal  1  ayat  1  menyetakan    bahwa   :   Pendidikan    adalah    usaha
sadar  untuk   menyiapkan  peserta   didik  melalui   kegiatan   bimbingan,  pengajaran
dan/atau  latihan  bagi  peranannya   dimasa yang  akan  datang “.
             Pendidikan  adalah  usaha   sadar  dan terencana  untuk mewujudkan  suasana belajar dan  proses  pembelajaran  agar   peserta didik  secara  aktif   mengembangkan potensi   dirinya   untuk  memiliki  kekuatan  spiritual   keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,   kecerdasan,   akhlak    mulia,    serta    keterampilan   yang    diperlukan
dirinya,  masyarakat,  bangsa dan  negara   ( Pasal 1 UU RI No. 20  Tahun 2003 ).
       Dalam     pembangunan     nasional,  pendidikan   diartikan    sebagai    upaya meningkatkan   harkat  dan    martabat   manusia  serta   dituntut  untuk menghasilkan
manusia    yang    berkualitas    guna    menjamin    pelaksanaan   dan    kelangsungan  pembangunan. Pendidikan berkualitas  harus  dipenuhi  melalui   peningkatan kualitas dan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan lainnya.Pembaharuan kurikulum yang   sesua  dengan   ilmu pegetahuan dan teknologi tanpa  mengesampingkan  nilai-nilai    luhur, etika  serta    didukung  sarana   dan   prasarana  yang  memadai,  karena pendidikan  yang   dilaksanakan  sedini   mungkin   dan   berlangsung   seumur  hidup menjadi  tanggung jawab keluarga, sekolah, masyarakat, dan  pemerintah.
             Dimana   sekarang  orang  mengukur  keberhasilan  suatu   pendidikan  hanya dilihat  dari segi hasil. Pembelajaran  yang   baik  adalah  bersifat  menyeluruh  dalam melaksanakannya    dan     mencakup   berbagai    aspek, baik  aspek   kognitif, afektif maupun      psikomotorik,      sehingga        dalam       pengukuran      keberhasilannya




selain  dilihat   dari  segi   kuantitas     juga  dari   kualitas   yang   telah  dilakukan   di sekolah – sekolah dan  apa  yang   ingin dicapai  melalui inovasi pendidikan  tersebut, yaitu    usaha   untuk   mengubah   proses    pembelajaran,   perubahan   dalam  situasi
belajar    yang    menyangkut   kurikulum,   peningkatan   fasilitas   belajar    mengajar serta  peningkatan   mutu   profesional  guru.
             Mengacu  dari  pendapat  tersebut,  maka  pembelajaran  yang   aktif  ditandai
adanya       rangkaian     terencana     yang     melibatkan      siswa      secara   lansung, komprehensif,   baik  fisik,  mental    maupun   emosi. Hal ini  sering  diabadikan oleh
guru, karena   guru   lebih   mementingkan    pada   pencapaian    tujuan    dan    target kurikulum.Salah  satu upaya  guru    dalam   menciptakan   suasana  aktif, efektif  dan menyenangkan    dalam     pembelajaran     yakni      dengan    menggunakan     media  
pembelajaran yang  tepat. Hal  ini    dapat  membantu   guru  dalam  mencapai  tujuan  
pembelajaran  yang  diharapkan.
             Tujuan    utama     pembelajaran      Matematika    adalah      mengembangkan
kemampuan    berkomunikasi    dengan    menggunakan   bilangan dan symbol-simbol serta  ketajaman   penalaran  yang dapat  membantu  memperjelas  dan menyelesaikan permasalahan   dalam   kehidupan   sehari-hari.
           Sebagai pengetahuan  matematika    mempunyai   ciri-ciri   khusus antara   lain abstrak, deduktif, konsisten,  hierarkis, dan   logis. Keabstrakan  matematika    karena  objek   dasarnya   abstrak yaitu : Fakta, konsep, operasi dan  prinsif, Ciri  keabstrakan    matematika  tidak  mudah  untuk dipelajari  dan  pada akhirnya  banyak   siswa   yang kurang   tertarik  terhadap  matematika. (Soejadi,1994:4)

1. Identifikasi Masalah
             Selama penulis  menjalankan  tugas sebagai guru di SD Negeri Karangsari 02 Kecamatan   Cikarang   Timur   Kabupaten   Bekasi   masih   banyak  kekurangan dan tantangan   yang   harus  penulis   hadapi. Seperti  pada  hasil Tes Formatif  Pra siklus
pembelajaran     matematika     siswa     kelas   VI   semester 1,  didefinisikan    masih
banyak  siswa     yang    belum   tuntas    dalam     kompetensi    dasar     tersebut. Hal ini    terlihat    dari    44    siswa       hanya      20     siswa      yang      mendapat    nilai

diatas  KKM  atau   tuntas,    sedangkan  24 siswa  dibwah  KKM.Tingkat  ketuntasan hanya    mencapai   40%,   serta   selama     pelaksanaan     proses    belajar   mengajar
terlihat    siswa    tidak    terlibat   aktif   dalam   pelaksanaan   pembelajara    tersebut.
Melihat    kondisi  tersebut,  penulis   mempunyai ide   untuk  mengadakan  penelitian dalam  usaha   melakukan  perbaikan  pembelajaran.

2. Analisa Masalah
             Berdasarkan  hasil  pra siklus  muncul  bebagai  masalah  diantaranya  ialah :
a.         Siswa   banyak yang   mengobrol  disaat   pembelajaran.
b.        Siswa  banyak yang   tidak  memperhatikan   disaat  pembelajaran.
c.         Selama proses belajar mengajar  berlangsung, siswa  kurang  aktif  karena proses
       pembelajaran  lebih  didominasi  oleh guru.
d.        Media    yang       dipakai     tidak     ada     variasi    dan   kurang   lengkap.
e.         Siswa  tidak   antusias   dalam   pembelajaran.

3. Alternatif dan Prioritas Pemecahan Masalah
             Setelah  dianalisis  dan  didiskusikan  dengan supervisor  2,  masalah-masalah itu     dapat   diatasi    dengan     penggunaan    media    gambar    pada    saat    proses
pembelajaran.  Penggunaan media gambar   dapat  diartikan juga  sebagai  suatu   alat peraga  kepada siswa, untuk  meningkatkan  kreativitas  dan  imajinasi   siswa   dalam pelajaran matematika , dan   meningkatkan   hasil   belajar  siswa.
             Oleh     sebab     itu,  penulis   ingin      mengadakan     penelitian     perbaikan
dengan  judul  “Peningkatan    Hasil    Pembelajaran    Matematika    dengan   Media gambar Bangun  Datar Tentang  Menghitung  luas segi banyak  Pada  Kelas VI  SDN Krangsari 02 Kecamatan  Cikarang  Timur  Kabupaten  Bekasi”







B.  Rumusan Masalah
             Berdasarkan     latar    belakang     masalah     diatas,   penelitian     ini    dapat
dirumuskan   sebagai  berikut  :
1.        Apakah     hasil       belajar       siswa     dalam        pembelajaran        Matematika
       Kelas    VI   SDN   Karangsari    02   meningkat   dengan    menggunakan   media
       gambar bangun datar  ?
2.    Apakah    aktivitas   belajar    siswa  dalam     proses   pembelajaran   Matematika 
       Kelas  VI SDN Karangsari  02  meningkat  dengan menggunakan  media  gambar
       bangun  datar ?

C.  Tujuan  Penelitian  Perbaikan  Pembelajaran
             Sesuai   peranan  guru  sebagai  motivator, guru  harus dapat  membangkitkan minat  siswa  karena  minat sebagai  motivasi  yang   mempengaruhi  didalam belajar, berfikir   dan    berprestasi  ( Krapp , Hidi,  Re-minger, Prudrich  dan  Schrurk 1996 ). Tujuan    penelitian    ini   maksudnya    memperbaiki   kinerja   guru   dalam    proses pembelajaran   dan   meningkatkan   kemampuan  belajar   siswa  pada  pembelajaran
Matematika   dengan   mengunakan  media gambar bangun datar.
             Berdasarkan    rumusan    masalah     penelitian     perbaikan      pembelajaran
diatas, tujuan  penelitian  perbaikan  pembelajaran  ini  adalah :
1.        Ingin    mengetahui   peningkatan   hasil    belajar   siswa   dalam     pembelajaran
       Matematika  Kelas VI SDN Karangsari 02  dengan  menggunakan  media gambar
       bangun datar  pada  proses pembelajaran.
2.    Ingin    mengetahui    aktivitas     belajar    siswa   dalam    proses    pembelajaran
       Matematika    Kelas VI   SDN   Karangsari  02    dengan     menggunakan   media   
       gambar bangun datar
     
D.  Manfaat Penelitian Perbaikan  Pembelajaran
             Pemantapan   Kemampuan Propesional  (PKP)  menpuanyai  banyak  manfaat baik  bagi  peneliti  sebagai guru, siswa  dan  sekolah  yaitu :
1.        Bagi  guru.
       a. Untuk  lebih   meningkatkan  keprofesionalan   sebagai  tenaga   pendidik.

b. Menjadi    masukan     dalam    mengembangkan   proses   pembelajaran  untuk
           meningkatkan  mutu  pendidikan.
       c. Menambah    wawasan    dan   pengetahuan  guru   dalam   usaha   peningkatan
           hasil  belajar  siswa.
2.    Bagi Siswa
       a. Meningkatkan  daya  serap  anak  dalam  penerimaan  materi  pelajaran.
       b. Dengan media  gambar yang  menarik  dapat  meningkatkan  motivasi   belajar 
           siswa  dalam  proses  pembelajaran.
       c. Meningkatkan  kreativitas  dan  imajinasi siswa  dalam  pembeljaran.
       d. Meningkatkan  pemahaman  dan  penguasaan materi dalam  pembelajaran.
3.    Bagi Sekolah
       a. Sekolah   akan   berkembang    pesat  dengan  adanya   guru   yang mempunyai
           inovasi-inovasi  dalam   pembeljaran   yang  dikelolanya.
       b. Meningkatkan nama baik  sekolah  melalui  kemajuan hasil siswa.
       c. Meningkatkan    kinerja    guru  sebagai    upaya    peningkatan    kualitas    dan
           profesionalisme  guru.


BAB II
KAJIAN PUSTAKA 
A.      Pembelajaran  Matematika di Sekolah Dasar
         Gerakan  reformasi untuk  memperbaiki  metmatika di sekolah selalu terjadi dan mengalir dari  waktu  ke   waktu. Isi, metode pembelajaran, urutan  pembelajaran  dan cara  evaluasi pembelajaran  dimodifikasi, direformasi  dan  direstrukturisasi.
Tiga faktor yang melandasi gerakan perubahana dalah keberadaan dan perkembangan teori-teori belajar, psikologi  belajar, filsafat  pendidikan. Ketiganya  memberi  warna dan  arah  perubahan terutama  dalam  memandang  dan melaksanakan  pembelajaran, serta  memposisikan guru  dan  peserta  didik.
         Gatot  Muhsetyo (2007:1.5) mengutip teori-teori pembelajaran matematika dari beberapa   tokoh : ( 1 )  Thorndike ( 1924 ) :   Teori  Thorndike  bahwa  pembelajaran metematika bersifat  behaviristik ( mekanistik )  memberiwarna   yang  kuat  perlunya latihan     dan   mengerjakan  soal-soal   yang   beragam. ( 2 ) Ausubel :  Teori  makna
( meaning  theory )  mengemukakan   pentingnya    pembelajaran    bermakna    dalam mengajar matematika. ( 3 ) Jean Piaget : Teori  perkembangan intelektual menyatakan bahwa kemampuan intelektual anak berkembang secara bertingkat atau bertahap yaitu : Sensori  motor  (0-2 tahun),  pra-operasional  (2-7 tahun),  operasional konkrit (7-11 tahun)  dan operasional ( > 11 tahun). ( 4 )  Jerome Bruner :  Teori  Bruner   berkaitan dengan   perkembangan  mental  yaitu kemampuan  mental  anak  berkembang  secara bertahap mulai dari sederhana ke yang rumit, dari yang mudah  ke yang sulit  dan dari yang nyata  atau  konkrit  ke  yang abstrak.

B.     Media Gambar
1. Pengertian  Dan Tujuan Media Gambar
         Di antara  media pembelajaran, media gambar  adalah media yang paling umum dipakai. Hal ini  dikarenakan siswa  lebih menyukai gambar dari pada tulisan, apalagi jika   gambar   dibuat  dan  disajikan  dengan  menarik, sudah  tentu  akan  menambah antusiasme  siswa  dalam  mengikuti  proses pembelajaran  serta mengatasi kejenuhan materi  tanpa  ilustrasi  yang  cenderung monoton,tidak  seperti  ketika dihadirkan alat
peraga berupa gambar.
         Alat peraga  dapat memberi gagasan dan dorongan kepada guru dalam mengajar anak-anak  Sekolah  Dasar. Sehingga  tidak tergantung pada gambar dalam buku teks, tetapi  dapat lebih kreatif dalam mengembangkan alat peraga agar para murid menjadi senang  belajar.  Berikut  ini    pengertian  media  gambar  menurut  para  ahli  yaitu  :  
1. Media gambar adalah ”segala sesuatu yang diwujudkan secara visual dalam bentuk
    2 dimensi sebagai curahan ataupun pikiran yang bermacam-macam seperti lukisan,
    potret, slide, film, strip, opaque proyektor”. (Hamalik, 1994: 95 )
2. Media gambar adalah “media yang paling umum dipakai, yang merupakan bahasan
    umum  yang  dapat dimengerti  dan  dinikmati  dimana  saja”. (Sadiman, 1996: 29).
3. Media   gambar  adalah ”peniruan  dari  benda-benda  dan  pemandangan dalam hal
    bentuk, rupa serta ukurannya relatif terhadap lingkungan”. (Soelarko,1980: 3)
          Ada    berbagai  macam  alat  peraga visual yang secara efektif dapat digunakan oleh para guru di dalam kelas. Guru Sekolah Dasar harus menggunakan beberapa alat peraga  visual  dalam  pembelajaran  karena  dengan  menggunakan alat peraga visual dapat  membantu  menciptakan  situasi  belajar  mengajar  yang menarik karena siswa tidak hanya menggunakan indera pendengaran dalam mengikuti pelajaran.   
           Berdasarkan    alasan    itu, alat   peraga   visual  yang dapat  digunakan  adalah gambar-gambar, tabel, poster, kartun dan benda nyata. Gambar  yang berwarna-warni dapat    membuat    siswa    dalam   belajar   menjadi  antusias. Gambar  dapat  mener-jemahkan    konsep  abstrak  menjadi  lebih   realistis  dan  berwujud, sehingga  murid tidak  hanya  dapat  membayangkan saja.

2. Fungsi Media Gambar
          Pemanfaatan    media  pembelajaran  ada  dalam  komponen   metode  mengajar sebagai    salah   satu  upaya   untuk  mempertinggi  proses  interaksi guru-siswa   dan interaksi siswa dengan lingkungan belajarnya. Oleh sebab itu fungsi utama dari media pembelajaran  adalah   sebagai  alat   bantu mengajar yang dipergunakan guru. Secara garis   besar  fungsi  utama  penggunaan  media gambar menurut Hamalik, (1994: 12) adalah  sebagai  berikut.
1.  Fungsi   edukatif,   artinya   mendidik   dan   memberikan   pengaruh  positif   pada
     pendidikan.

2.  Fungsi sosial,  artinya   memberikan   informasi  yang  autentik   dan   pengalaman
     berbagai   bidang   kehidupan   dan   memberikan konsep yang sama kepada setiap
     orang.
3.  Fungsi  ekonomis, artinya memberikan produksi melalui pembinaan prestasi  kerja
     secara maksimal.
4.  Fungsi politis, berpengaruh pada politik pembangunan.
5.  Fungsi  seni  budaya    dan  telekomunikasi, yang   mendorong  dan   menimbulkan
     ciptaan baru, termasuk pola usaha penciptaan teknologi kemediaan yang  modern.
           Fungsi-fungsi   tersebut  di atas  terkesan   masih  bersifat  konseptual,untuk itu harus difokuskan pada fungsi media gambar dalam pembelajaran,maka  hal ini selaras dengan  pemaparan  yang  dikemukakan Rohani (1997: 6-7) yakni fungsi praktis yang dijalankan oleh media pengajaran adalah sebagai berikut.
1.  Mengatasi   perbedaan  pengalaman  pribadi  peserta  didik,  misalnya  kaset  video
     rekaman  kehidupan  di luar sangat  diperlukan  oleh  anak  yang  tinggal  didaerah
     pegunungan.
2.  Mengatasi  batas ruang dan kelas, misalnya gambar tokoh pahlawan yang dipasang
     diruang kelas.
3.  Mengatasi keterbatasan kemampuan indera.
4.  Mengatasi  peristiwa alam,  misalnya  rekaman  peristiwa   letusan  gunung  berapi
     untuk menerangkan gejala alam.
5.  Menyederhanakan kompleksitas meteri.
6.  Memungkinkan siswa mengadakan kontak langsung dengan masyarakat.
               Berdasarkan    hal     tersebut     di  atas,   jelas   bahwa media gambar  dapat  mempermudah   dan   membantu   proses   pembelajaran guru di kelas. Media gambar dapat  menjembatani  kesulitan  menjadi  kemudahan dalam proses pembelajaran.

3. Karakteristik Media Gambar
         Menurut Rahadi (2003: 27-28) ada  beberapa  karakteristik  media gambar yaitu sebagai berikut.
1.  Harus autentik, artinya  dapat  menggambarkan  obyek  atau  peristiwa seperti  jika
     siswa melihat langsung.

2.  Sederhana, komposisinya  cukup  jelas  menunjukkan  bagian-bagian pokok dalam
     gambar tersebut .
3.  Ukuran gambar proporsionsl, sehingga siswa mudah membayangkan ukuran  yang
     sesungguhnya  benda  atau objek yang digambar.
4.  Memadukan   antara    keindahan    dengan    kesesuiannya  untuk mencapai tujuan
     pembelajaran.
5.  Gambar harus message. Tidak  setiap  gambar  yang bagus merupakan media yang
     bagus. Sebagai  media  yang  baik, gambar   hendaklah  bagus  dari  sudut seni dan
     sesuai  dengan  tujuan  pembelajaran  yang ingin  dicapai.

4.Kelebihan dan Kelemahan Media Gambar
   a. Kelebihan  Media  Gambar
       1. Sifatnya   konkrit  :   lebih      realistis   menunjukkan    pokok   masalah   yang
           dibandingkan  dengan  gambar  verbal  semata.
      2. Gambar  dapat  mengatasi  batasan  ruang  dan  waktu.
      3. Gambar  dapat  mengatasi keterbatasan  pengamatan  kita.
      4. Dapat  memperjelas  suatu   masalah  kesalah pahaman  dalam bidang apa saja,
          sehingga dapat mencegah atau membetulkan keslah  pahaman.
      5.  Murah harganya  dan  gampang  di dapat  serta  digunakan,  tanpa memerlukan
           peralatan khusus.
  b. Kekurangan Media Gambar
      1.  Hanya  menekankan  persepsi  indra  mata.
      2.  Gambar   benda   yang   terlaku   kompleks   kurang   efektif   untuk    kegiatan
           pembelajaran.
      3. Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar.
      4. Memerlukan   keterbatasan   sumber   dan   ketrampilan   kejelian  untuk   dapat
          memanfaatkannya.
           Dengan   demikian     media   gambar   merupakan   salah  satu   teknik   media pembelajaran  yang  efektif kerena mengkombinasikan fakta dan gagasan secara jelas, kuat  dan  terpadu  melaui  pengungkapan  kata-kata  dan  gambar.


C.  Hasil Belajar
            Dengan menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran hasil belajar
     yang  diharapkan adalah  :
    1.  Terciptanya interaksi dalam proses  pembelajaran.
    2.  Meningkatnya  kreativitas  dan   imajinasi  siswa  dalam  pembelajaran.
    3.  Meningkatnya  pemahaman  dan penguasaan materi dalam  pembelajaran.

BAB III
PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
A.  Subyek, Tempat dan  Waktu Penelitian
 1. Subjek Penelitian
             Subjek    penelitian   ini    adalah   siswa   kelas   VI  SDN   Karangsari  02
    Kecamatan  Cikarang  timur   Kabupaten  Bekasi.
    Adapun  karakteristik   siswanya   sebagai berikut  :
    a. Jumlah  siswa  kelas  VI    adalah    44   orang    yang    terdiri   dari  27  siswa
        laki-laki   dan  17    siswa   perempuan.
    b. Usia  siswa  kelas  VI di SDN Karangsari 02  relatif,  yaitu  rata-rata 11 tahun.

 2. Lokasi Penelitian
             Dalam    melaksanakan    penelitian     ini   lokasi  yang  digunakan   untuk
    melakukan   penelitian  adalah   tempat  peneliti   menjalankan  tugasnya  dalam
    mengajar.  Lokasi    yang     dimaksud      adalah   ruang    kelas   VI    di    SDN 
    Karangsari  02     yang   beralamat     di    Kp. Kalenderwak     Desa   Karangsari
    Kecamatan    Cikarang   Timur    Kabupaten    Bekasi .

3.  Waktu Penelitian
             Waktu  yang  digunakan  untuk  melaksanakan   penelitian ini  yaitu  mulai
    tanggal 21 Septemberber  2012  sampai  dengan 3 Oktober  2012,mata pelajaran
    yang  diteliti  adalah  :  Matematika.
            Adapun  jadwal    kegiatan   penelitian  tersebut   dapat   dilihat  pada  tabel
    di  bawah  ini   :
Tabel 3.1
Jadwal Pelaksanaan perbaikan Pembelajaran
No
Mata Pelajaran
Siklus
Tanggal
Waktu
Ket
1
Matematika
Prasiklus
21 September 2012
08.00-08.35

2
Matematika
1
26 September 2012
10.05-10.40

3
Matematika
2
3 Oktober 2012
08.00-08.35

B.  Desain  Prosedur  Perbaikan  Pembelajaran
1. Jenis Penelitian Perbaikan Pembelajaran
             Perbaikan    penelitian    yang      digunakan   adalah     Penelitian     Tindakan
    Kelas  (PTK)  yang  terdiri  dari   dua   siklus.  Setiap  siklus meliputi  perencanaan,
    pelaksanaan     tindakan,  pengamatan  (observasi)     dan     refleksi.  Untuk    lebih
    jelasnya  dapat   dilihat  pada   gambar 3.1 di bawah ini:
                                                        Perencanaan
                Refleksi                           PraSiklus                       Pelaksanaan
                                                                              Pembelajaran

                                                        Pengamatan
                                                           Observasi

                                                    Perencanaan

                                                   
                Refleksi                            Siklus I                           Pelaksanaan
                                                                                              Tindakan


 
                                                        Pengamatan
                                                          Observasi


                                                                  Perencanaan
Rounded Rectangle: Siklus II



            
                Refleksi                                                                    Pelaksanaan
                                                                              Tindakan











Text Box: Pengamatan

Observasi


 








                            Gambar 3.1 Prosedur  Pelaksanaan  Perbaikan  PTK
2.  Prosedur Perbaikan PTK
               Prosedur     perbaikan    penelitian     ini   sesuai    dengan   jenis    Penelitian
     Tindakan   Kelas  (PTK), yaitu    terdiri  dari   dua  siklus. Masing – masing  siklus
     meliputi :
     a.  Tahap perencanaan
     b.  Tahap pelaksanaan
     c.  Tahap pengamatan (obeservasi) dan
     d.  Tahap refleksi

     a. Tahap  Perencanaan
               Berdasarkan     temuan    pada    studi    pendahuluan     dan     hasil   diskusi
     dengan    supervisor   2,   penulis    merencanakan   langkah - langkah   yang   akan
     dilaksanakan      di     kelas     dalam        pembelajaran        Matematika      dengan
     menggunakan     Media   Gambar   Bangun   Datar.   Secara    operasional     dapat
    dijelaskan  sebagai   berikut:
1.        Menganalisis  masalah
2.       Pemecahan  masalah
3.       Menentukan  kompetensi  dasar
4.       Mentukan  standar  kompetensi
5.       Menentukan  indikator
6.       Menentukan  tujuan perbaikan
7.       Menentukan  materi.
8.       Menentukan  metode.
9.       Membuat  lembar  observasi.

     b.   Tahap  Pelaksanaan
              Pada     tahap  ini,  peneliti   melaksanakan    pembelajaran    sesuai    dengan
     perencanaan      yang      telah      dirumuskan.     Setiap     langkah     yang     telah
     direncanakan ,   diamati   dan   dikumpulkan      data - datanya, baik  data  aktifitas
     selama        proses        pembelajara       nmaupun    data       hasil       pembelajaran
     Hal  ini   dimaksudkan    untuk    mengetahui    peningkatan     aktivitas,  dan  hasil
     pembelajaran   dari   siklus    satu     kesiklus    berikutnya.
     c.   Tahap  Pengamatan   (observasi)
              Pengamatan        ( Observasi  )         merupakan       salah       satu         teknik
     pengumpulan     data / fakta      yang      cukup      efektif       untuk      mempelajari
     kelemahan  -  kelemahan      dari      satu     sistem.   Pada      tahap       pengamatan
     (Observasi)   sebenarnya      bersamaan     dengan   tahap     pelaksanaan  tindakan,
     yaitu    mengamati    aktivitas     proses    pembelajaran,  dan   hasil  pembelajaran.
     Dalam   mengamati   proses    pembelajaran,  peneliti    dibantu  oleh  supervisor  2
     baik    mengenai   aktivitas   siswa     maupun     aktivitas     guru    selama   proses
     pembelajaran.

     d.  Tahap  Refleksi
              Hasil       observasi        yang       dilaksanakan      bersama  - sama      dengan
     supervisor  2,   kemudian     didiskusikan.  Berbagai       masalah     yang    muncul
     selama         pelaksanaan      tindakan      diidentifikasi      dan       dianalisis.   Hasil
     identifikasi    dana     nalisis    masalah   akan     dicari   dan  ditentukan  solusinya
     untuk    perbaikan    pada   siklus   berikutnya.

C.  Teknik  Analisis  Data
              Untuk      mengumpulkan      data – data     selama     perbaikan      penelitian,
    peneliti   menggunakan   instrument    sebagai  berikut:
    1.Lembar  Observasi
       Kegiatan  observasi   berarti   pengamatan  dengan   tujuan  tertentu,  yaitu  untuk
       mengumpulkan    data – data    hasil   perbaikan.    Observasi   dalam    penelitian
       tindakan  kelas  dilakukan  terhadap  gurusebagai  peneliti    oleh     supervisor  2,   
       dan   pengamatan   (observasi)  terhadap    siswa      sebagai      subyek penelitian.
       Lembar  observasi  terhadap guru  sebagai  peneliti  adalah    jurnal   yang    telah 
       disediakan   oleh   UT   yang  digunakan   untuk   mengobservasi   guru     selama  
       proses    pembelajaran.  Lembar    observasi     untuk     siswa     sebagai    subyek
       penelitian      dibuat       oleh     guru     yang       digunakan       untuk     observasi
       aktivitas   siswa     selama     proses     pembelajaran.


     2.  Lembar tes / soal – soal tes
         Untuk         mengetahui       hasil      perbaikan       pembelajaran,     data   -  data
         dikumpulkan    melalui   hasil    tes    pembelajaran.  Tes   pembelajaran  berupa
          soal – soal    tes     yang      disusun      dalam     RPP     (   Rencana    Perbaikan
         Pembelajaran  )     setiap    siklus.      Hasil       tes      pembelajaran      Prasiklus
          rata - rata  nilai   siswa  46.36,  katagori  yang  memenuhi  KKM  ada  13 siswa,
          Siklus  I   rata - rata   nilainya   57.27,  katagori    yang   memenuhi   KKM  ada
          31    siswa     dan    siklus  II     rata - rata     nilainya    75.90 ,   katagori     yang 
          memenuhi      KKM     44    siswa ,     dimasukkan      kedalam     suatu     tabel,
          kemudian       dideskripsikan       sehingga      dapat       diketahui    peningkatan
          perbaikan     pembelajaran      setiap siklusnya.




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar