Sabtu, 26 April 2014

RISALAH OSN GURU 2013

RISALAH

PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DENGAN MEDIA GAMBAR BANGUN DATAR TENTANG
MENGHITUNG LUAS SEGI BANYAK


 









                                                        Diajukan oleh :

                                  Nama                        : BUDIYANA
                                  NIP                           : 19711107 200801 1 004
                                  NUPTK                    : 1043 7496 5120 0043
                                  Unit Kerja                : SDN Karangsari 02
                                  Kecamatan               : Cikarang Timur




KABUPATEN BEKASI
TAHUN 2014

LEMBAR PENGESAHAN
RISALAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA



Nama                                            : BUDIYANA
NIP                                               : 19711107 200801 1 004
NUPTK                                        : 1043 7496 5120 0043
Tempat Mengajar                         : SDN KARANGSARI  02
Judul Risalah                                : Peningkatan Pembelajaran Matematika Dengan
                                                       Media Gambar Bangun Datar Tentang      
                                                       Menghitung Luas Segi Banyak.


Masalah  yang  merupakan  Fokus  Pembelajaran dan Perbaikan :
  1. Meningkatkan  hasil  siswa dalam  pembelajaran  Matematika  Kelas VI  SDN Karangsari 02 dengan menggunakan  media gambar bangun datar.
2.      Meningkatkan  aktivitas  siswa dalam proses  pembelajaran Matematika Kelas VI  SDN Karangsari 02  dengan menggunakan media gambar bangun datar.


                                                                                       Bekasi,  April  2014 
            Menyetujui,
            Kepala SDN Karangsari 02,                               Guru ,



          SUGIARTI, S.Pd. M.M                                      BUDIYANA
          NIP. 19710710 200303 2 005                               NIP. 19711107 200801 1 004


KATA PENGANTAR


               Alhamdulillah,Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa  memberikan  rahmat  dan hidayahya  kepada  kita  semua  atas ridho  serta
kebesaran-Nyalah penulis dapat menyajikan Risalah ini.
              Solawat dan Salam semoga  tercurahkan  kepada junjungan  kita Nabi besar
Muhamm  SAW, pada  Keluarga, para  Sahabat ,dan   Umatnya   yang  senantiasa taat dan  patuh  padanya.
            Adapun maksud dari Penulisan risalah ini adalah dalam rangka pelaksanaan Kegiatan Olimpiade Sains Guru SD Kabupaten Bekasi. Adapun   judul  yang   diambil   penulis   adalah  “ Peningkatan  kemampuan  hasil     belajar    matematika    dengan    media     gambar     bangun    datar    tentang  menghitung   luas  segi   banyak.   
             Risalah    ini   dapat  terselesaikan   berkat   bantuan,  bimbingan,  pemberian motivasi    dari    semua   pihak.   Oleh  karena   itu   pada    kesempatan   ini   penulis mengucapkan  terima kasih dan  penghargaan setinggi – tingginya  kepada :
  1. Bapak  H. Sukartono, S.Pd. M.M Selaku Kepala UPTD PAUD / SD  Kec. Cikarang Timur.
  2. Bapak Ibrohim Aji selaku Pengawas UPTD PAUD /SD Kec. Cikarang Timur.
  3. Ibu Sugiarti, S.Pd. M.M  Selaku Kepala SDN Karangsari 02.
  4. Rekan-rekan guru SDN Karangsari 02 yang  memberikan  support  kepada  penulis.
               Hanya kepada  Allah  jua-lah segalanya dikembalikan, teriring do’a, semoga bantuan  dari  berbagai   pihak   dimaksud   dijadikan   amal  shaleh   yang   mendapat pahala  berlipat  ganda di sisinya.Amiin.
           

                                                                                           Bekasi,   April  2014
                                                                                           Penulis
ii
DAFTAR ISI


                                                                                                       
Halaman  Judul
Lembar Pengesahan  ……………………………………………………….      i
Kata Pengantar  .............................................................................................    ii
Daftar  Isi  ………………………………………………………………….    iii
BAB I      Pendahuluan
A.       Latar Belakang  ............... ………………………………….      1
B.        Visi    ..................…………………………………………. .    1
C.        Tujuan      ....................................................………………..     1
D.       Strategi Kerja  ................................................……………...    2
BAB II     Deskripsi Keunggulan Sebagai Guru
                 A.    Prestasi Unggul Yang  dicapai  seorang Guru  ……………..   3
                 B.    Proses dan Produk Pengembangan  …......………………….   3
BAB III   Harapan Dan Rencana Kegiatan Masa Depan
           A.   Harapan ...................................................... ……………..…   8
                 B.   Rencana Kegiatan di Masa Mendatang   ………….………..   8
BAB IV    Penutup  
           A.   Penutup .......................................................................... .......  9
          




iii


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Kegiatan  OSN (Olimpiade Sains Nasional) bagi Guru merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mendorong motivasi guru dalam meningkatkan kompetensinya. Kalimat tersebut merupakan kalimat yang tersurat dalam Kata Pengantar buku “Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Guru Tingkat Nasional Tahun 2014”.  Berdasarkan tujuan diselenggarakannya OSN Guru itulah, maka Saya tergugah untuk mengetahui seberapa besar kemampuan Saya sebagai guru Sekolah Dasar, baik dalam segi kognitif, psikomotorik, maupun paedagogik.
Hasil dari kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Guru tersebut akan menjadi salah satu acuan bagi Saya untuk melakukan evaluasi diri dalam upaya peningkatan kompetensi Saya sebagai guru. Karena Saya beracuan bahwa optimalnya kompetensi seorang guru merupakan tonggak lahirnya bibit-bibit peserta didik yang berprestasi.

B.     Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Kerja
1.      Visi
Membentuk peserta didik yang kompeten pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.

2.      Misi
a.       Meningkatkan prestasi akademik peserta didik
b.      Memberikan pembelajaran yang bermakna bagi kehidupan peserta didik
c.       Mengembangkan karakter peserta didik yang jujur, disiplin, mandiri, dan percaya diri

3.      Tujuan
a.       Menciptakan peserta didik yang berprestasi dalam bidang akademik
b.       Memberi bekal keterampilan praktik dalam bidang  Sains
1
4.      Strategi Kerja
a.       Memanfaatkan media pembelajaran secara optimal dan terjangkau.
b.       Melaksanakan pembelajaran dengan media yang umum diketahui peserta didik dalam kehidupan sehari-hari
c.      Melaksanakan pembelajaran yang menekankan pembangunan karakter yang    
      menekankan pada kejujuran, kedisiplinan, kemandirian, dan sikap percaya diri

BAB II
DESKRIPSI KEUNGGULAN SEBAGAI GURU


A.     Prestasi Unggul yang Dicapai sebagai Guru
Prestasi unggul yang dicapai sebagai guru, khususnya dilihat dari prestasi belajar peserta didik yang diasuh antara lain: Berperan sebagai pembimbing Olimpiade Sains Nasional (OSN) SDN Karangsari 02  prestasi peserta didik sebagai
     Juara III OSN Tingkat Kecamatan Cikarang Timur   atas nama Maelani Putri.

B.     Proses dan Produk Pengembangan (inovasi) dalam Pembelajaran
Sebagai salah satu guru di SDN Karangsari 02 Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi, Saya bertekad untuk memajukan Sekolah Tersebut melalui peningkatan prestasi peserta didik. Melalui prestasi peserta didiknya, masyarakat akan mengubah pandangannya terhadap SDN Karangsari 02 yang berkualitas. Salah satu hal yang Saya lakukan adalah dengan mengikutsertakan para peserta didik dalam ajang kompetisi berupa Olimpiade Sain Nasional (OSN).
Dengan Pengalaman yang Saya miliki selama membimbing peserta didik untuk mengikuti ajang kompetisi, Saya mencoba melakukan evaluasi pada sistem pembelajaran yang telah dilakukan.
            Berdasarkan   pengalaman   tersebut,  Saya  menemukan   permasalahan yang terletak pada kondisi mental peserta didik yang kurang tertarik terhadap pembeljaran matematika  yang  monoton. Untuk mengatasi masalah tersebut, Saya mencoba untuk menerapkan  penggunaan alat  peraga  yang  menarik  perhatian peserta didik  berupa  Media  gambar – gambar  bangun  datar  yang berwarna warni  dalam   pembelajaran matematika   yang  terkait  dengan  pencapaian  :
A. STANDAR KOMPETENSI  :  
    Menghitung  luas   segi  banyak sederhana, luas lingkaran, dan  volume    prisma   
    segitiga.
B. KOMPETENSI DASAR :
     Menghitung    luas   segi   banyak  yang  merupakan gabungan dari dua  bangun 
     datar sederhana.
3
C. INDIKATOR  :
     Menghitung  luas  bangun  gabungan  persegi  panjang  dan segi tiga  sama  kaki.
           Dengan acuan kurikulum KTSP tersebut, perencanaan poelaksanaan pembelajaran di lanjutkan dengan :
  a.   Menentukan  Tujuan  Pebelajaran, yaitu :
1.   Meningkatkan pemahaman siswa melalui demonstrasi di depan kelas 
     dengan  menggunakan media gabungan gambar bangun datar.
2.   Meningkatkan Kemampuan siswa untuk menguasai materi segi banyak.
  b.    Menentukan  Materi
               Materi    yang   akan   disampaikan    adalah    tentang    menghitung   luas
               bangun datar persegi panjang, segi tiga,dan luas segi banyak.
  c.   Menentukan  Metode  Pembelajaran
              Metode yang akan digunakan  dalam proses pembelajaran  adalah  metode
              tanya  jawab, demonstrasi dan penugasan.
        d.   Menentukan Media Pembelajaran
              Media yang digunakan dalam  proses pembelajaran adalah gambar-gambar   
              bangun datar yang berwarna warni.

  Dalam Pelaksanaan Pembelajaran  meliputi :
  1. Kegiatan Awal  ( 5 menit )
                  a. Mengarahkan siswa kedalam situasi belajar yang kondusif  ( memberi
                      salam, berdoa dan mencek kehadiran siswa )
                  b. Mennyampaikan tujuan  pembelajaran.
                  c. Melakukan apersepsi.
              2. Kegiatan  inti  ( 20 menit )
                  Tahap  Eksplorasi :
                    -   Guru     dibantu       siswa     menempel    gambar    tentang   bangun   
  persegi panjang dan segi tiga serta siswa  menyebutkan luas masing 
  masing bangun datar tersebut.
                   Tahap  Elaborasi :
                   -    guru  melakukan  tanya jawab  tentang  materi  pelajaran  :
                       1.  Sebutkan  rumus  luas  persegi panjang?
4
                       2.  Sebutkan  rumus  luas  segi tiga ?
                        3.  Bagaimana  cara   mencari  luas  gabungan  bangun  datar  persegi
                             panjang  dengan  segitiga ?
                       4.   Guru    meminta   beberapa   orang   siswa  mengerjakan  soal    
                            yang  ada di papan tulis.
               Tahap Konfirmasi :
                     -    Siswa mencatat  hasil  tanya  jawab  tentang  materi  pelajaran.
                     -    Guru memberikan penguatan .
              3. Kegiatan  Akhir  ( 10 menit )
                  a.  Guru bersama dengan siswa  menyimpulkan  materi pembelajaran
                  b.  Melaksanakan  evaluasi  dan  mencek hasil kerja  siswa.
                  c.  Memberikan  pekerjaan  rumah.
            Hasil yang diperoleh dari kegiatan Pembelajaran Matematika dengan
     KKM 60,  adalah  sebagai berikut :
Hasil Tes Formatif
No
Nilai
Frekuensi
Nilai x Frekuensi
1
10
0
0
2
20
0
0
3
30
0
0
4
40
0
0
5
50
0
0
6
60
16
960
7
70
0
0
8
80
21
1680
9
90
0
0
10
100
7
700
JUMLAH
44
3340
RATA-RATA
75.90

TERTINGGI
100

TERENDAH
60

5
            Pesentase Ketuntasan           =   x 100%   =   100%
            Persentase Belum Tuntas     =         x 100%  =   0 %
            Rata-rata                               =    75,90



           Dari data  tersebut dapat  dilihat   pada  Gambar  grafik  frekuensi nilai  pembelajaran  Matematika  :
Grafik Frekuensi Nilai Pembelajaran Matemtika
Siklus  2


   Frekuensi








                                                      Nilai

      Grafik Frekuensi Nilai Pembelajaran Matematika

           Dari hasil pembelajaran sangat memuaskan karena semua siswa mendapat nilai di atas KKM.
         

6
 Diharapkan, ketika peserta didik siap dalam mengikuti pembelajaran, maka peserta didik akan lebih mudah menerima materi. Semakin mudah penerimaan materi, maka semakin tinggi peningkatan berpikir kritis peserta didik.
Adapun penanaman karakter (kondisi mental) yang diharapkan, seperti disiplin, rasa percaya diri, optimis, rasa ingin tahu dan kerja keras akan muncul ketika peserta didik mempunyai motivasi, di mana motivasi akan muncul jika peserta didik mempunyai target yang harus dicapai dengan belajar.


BAB III
HARAPAN DAN RENCANA KEGIATAN MASA DEPAN


A.     Harapan
Harapan Saya dalam upaya peningkatan mutu pendidikan antara lain:
          1.     Adanya  kebijakan-kebijakan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan Negara,   
             bukan kebutuhan segelintir kelompok.
         2.    Sekolah memfasilitasi guru untuk pengembangan kualitas pembelajaran, seperti   
             pengadaan fasilitas, pengadaan pelatihan, dan studi banding.
        3.     Adanya partisipasi orang tua dalam membimbing dan mendidik anaknya ketika     
            berada di lingkungan luar sekolah.

B.     Rencana Kegiatan di Masa Mendatang
         1.    Mengikuti berbagai ajang kompetisi yang sesuai dengan profesi Saya, sehingga  
             memberi pengalaman yang lebih bermakna
        2.       Belajar lebih giat lagi terutama di bidang sains dan peningkatan metode mengajar  
             sains yang lebih variatif dan Variatif.
       3.    Memberi teladan kepada para Peserta didik agar melalui OSN ini Peserta didik
            termotivasi dalam belajarnya.
      4.     Ingin  akan melanjutkan pendidikan ke tingkat S2
      5.       Membagi pengalaman kepada rekan KKG (Kelompok Kerja Guru )


BAB IV
PENUTUP

Penulisan Risalah ini sesuai dengan apa yang telah Saya lakukan dan alami. Tentunya pengalaman Saya masih terdapat banyak kekurangan. Dengan adanya ajang kompetisi dalam bingkai OSN Guru ini, diharapkan dapat melengkapi kompetensi akademik para peserta olimpiade, khususnya Saya, sehingga dapat melengkapi kekurangan saya.
Demikian risalah akademik yang Saya tulis, semoga memenuhi persyaratan akademik untuk mengikuti kegiatan Olimpiade Sains Nasional untuk Guru (OSN Guru) Tahun 2014.
Terima kasih atas perhatiannya.






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar